Senin, 07 Mei 2012

Lokakarya Guru Museum BRI


"Hari ini kita jatuh cinta" itulah kata pembuka yang dilontarkan oleh moderator Lokakarya Guru yang diadakan oleh Museum BRI.
Dan inilah cerita tentang kencan pertama kami yang kami adakan untuk merayakan hari pendidikan nasional dan museum sedunia :) 
Kami, museum dan sekolah. dan kita, :)
Lokakarya Guru Kabupaten Banyumas

Kamis 3 Mei 2012 Museum BRI mengadakan Lokakarya Guru Kabupaten Banyumas dengan tajuk "Museum BRI sebagai Wahana Pendidikan". Sesuai dengan tema yang dibawakan, program edukasi yang diselenggarakan Museum BRI dengan melibatkan kalangan akademisi dan Dinas Pendidikan ini berupaya menggandeng sekolah-sekolah agar berperan aktif memanfaatkan Museum BRI sebagai sarana pembelajaran.
Sharing bersama narasumber: Ki-Ka: Apenk Sunarto, M. Pd. dan Dra. D.S. Nugrahani

Sebagai Narasumber hadir Dosen Jurusan Arkeologi UGM Dra. D.S. Ania Nugrahani dan R Apenk Sunarto, M. Pd. selaku Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Sharing informasi dan pengetahuan oleh narasumber diharapkan dapat menggelitik gagasan-gagasan baru para pengajar berkaitan dengan pemanfaatan museum sebagai sarana pembelajaran.

seminar
tanya jawab bersama narasumber

Seminar dan diskusi yang dipandu oleh moderator dari penggiat pendidikan dan lingkungan Ignasius Kendal menjaring berbagai masukan-masukan yang dilontarkan oleh peserta. untuk lebih memicu ide dan gagasan yang lebih konkret peserta yang terdiri dari 23 Guru wakil 15 sekolah melanjutkan dengan kunjungan ke Museum BRI. 
kunjungan ke Museum BRI

Gagasan-gagasan kreatif tersebut kemudian dituangkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sekolah sesuai dengan tingkatannya. 

diskusi kelompok menyusun RPP
menjaring potensi Museum BRI

Konsep RPP yang menjadi buah pemikiran lokakarya inilah yang akan menjadi titik tolak membangun sinergi antara Sekolah dan Museum ,yang mana keduanya merupakan institusi pelayanan pendidikan. 

presentasi RPP

Diharapkan untuk ke depannya Museum menjadi tempat jujugan siswa untuk menggali kreatifitas dan inspirasi yang mampu membangun karakter dan motivasi menjadi manusia yang lebih berbudaya dan tentu saja, cinta tanah air :)

 Selamat hari Pendidikan dan  
Hari Museum Sedunia :)
"Museums in a Changing World. 
New Challenges, New Inspirations". 


Teks: Wiwit Jawi Indah
Foto: Nurul Faizah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar